Bidan Penentu Keberhasilan Program Kesehatan.

Fauziah Abdullah,SKM.,M.Kes. Pengurus Persakmi Maluku Utara
Fokus utama Millennium Development Goals (MDGs) adalah menurunkan angka kematian Ibu dan Bayi begitu juga berlanjut ke  Sustainable Development Goals (SDGs) masih tetap sama yaitu menurunkan angka kematian ibu dan bayi, kalau kita melihat dari sisi anggaran yang di gontorkan Pemerinah untuk AKI dan AKB ini sudah sangat besar misal, untuk di Bidan Desa ada Jampersal, program Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED), Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) dan Manajemen Terpadu Bayi Muda (MTBM), kelasa ibu hamil, Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) dan program KIA yang lain.

Kalau kita menghitung dari anggaran sudah banyak namun capaian program masih saja belum mencapai target, Kemarin waktu kami lakukan evaluasi program Sebagian besar program prioritas belum mencapai target.

Dari sisi kompetensi kalau diukur dari yang memiliki STR berarti sudah sangat memiliki kompetensi, tapi apakah hanya diukur kemampuan seseorang dari sebuah kertas yang berupa STR ? Buktinya masih ada tenaga bidan yang tidak bisa menolong persalinan, masih takut dll, seberapa besar motivasi yang diberikan kepadanya sehingga lebih percaya diri untuk menunjukan keahliannya dalam menolong persalinan dll.
Bagaimana bisa meningkat kinerjanya sehingga baik pengetahuan maupun skil lebih berkualitas, Dinas Kesehatan Provinsi sudah melakukan pelatihan untuk peningkatan kapasitas bidan seperti antara lain MTBM.

Ini merupakan salah satu strategi manageman untuk sedini mungkin mengetahui resiko sehingga tidak terjadi kematian dll, saya pikir nanti setelah di berlakukan SKN terbaru mulai berlaku 2020 nanti maka peran Pemerintah Daerah akan dinilai seberapa besar kinerja Kepala Daerah menyelesaikan masalah kesehatan yang ada di Daerah dan seberapa peraturan dll. yang dikeluarkan untuk mendukung program tersebut, ini pasti akan terjadi perubahan karena berdampak kepada anggaran-anggaran yg akan di terima,

Semoga Pemerintah Pusat konsisten sehingga kita di Daerah juga bisa Sami'nna Wata'na.***

 Baca Juga :  

0 Response to "Bidan Penentu Keberhasilan Program Kesehatan."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel