CERDIK: Strategi mengungkap Kanker dan Mengurangi Angka Kematian "Refleksi Hari Kanker Sedunia 2019" Part.2

SELAMAT HARI KANKER SEDUNIA 4 FEBRUARI, especialy para ibu-ibu (wanita yang telah menikah dan atau usia 30-50 tahun) jangan lupa kunjungi puskesmas/rumah sakit/ (bagi yang berdomisili di Kota Ternate, bisa kunjungi puskesmas Kalumpang, Siko, dan Puskesmas Kalumata, pemeriksaan IVA dan SADANIS GRATIS setiap hari kerja jam 09.00-11.00 WIT mulai tanggal 4 feb s.d 28 feb 2019), jangan tunggu/terlambat. “Jangan ada kanker di antara kita”
Tentu kita semua tidak menginginkan penyakit ini merongrong nyawa kita, berdasarkan hasil riset penyakit kanker bisa di cegah dengan imunisasi Hepatitis B dan HPV telah terbukti dapat mencegah jutaan kasus kanker di dunia, 30-50% kanker dapat dicegah dengan menghindari faktor risiko dan menjalankan perilaku hidup CERDIK (Cek dan Cek). Kenapa harus Cek ? Karena PTM tidak datang secara tiba-tiba. Gejala penyakit ini mulai terasa jika suda memasuki stadium lanjut. Ada beberapa manfaat Cek kesehatan. Cek tekanan darah, misalnya, menjadi salah satu cara mendeteksi dini risiko hipertensi, stroke dan penyakit jantung. Kita harus tau bahwa angka hasil pemeriksaan darah normal jika di bawah 140/90 mmhg. Hasil tes tekanan darah menjadi dasar dan panduan bagi kita untuk mengontrol pola konsumsi.
Cek kesehatan lainnya, yaitu cek lingkar perut. Pada cek jenis ini masyarakat harus memahami jika lemak perut berlebihan akan memicu masalah kesehatan yang serius seperti serangan jantung, stroke dan diabetes. Masyarakat harus memahami batas aman lingkar perut untuk pria adalah 90 cm dan lingkar perut wanita adalah 80 cm. Jika hasil tes menunjukkan angka di atas ambang batas, sebaiknya kita melakukan konsultasi dengan ahli gizi karena dalam obesitas mengancam berbagai penyakit tidak menular. Cek gula darah juga penting dilakukan masyarakat. Cek kadar gula darah menunjukkan kadar glukosa dalam darah. Hasil cek ini yang harus masyarakat ketahui adalah untuk mendeteksi masalah diabet. Hasil tes normal jika kadar gula dalam darah kurang dari 100, dan cek kolesterol.

Yang terakhir terkait dengan penyakit kanker ini, kita dianjurkan untuk Cek serta melakukan deteksi dini kanker meliputi: (1) Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (Tes IVA) dan Pap Smear untuk mendeteksi dini kanker leher Rahim- anjuran untuk melakukan IVA bila: hasil positif (+) adalah 1 tahun dan, bila hasil negatif (-) adalah 5 tahun, (2) Periksa Payudara Sendiri (SADARI), Periksa Payudara klinis (SADANIS), USG Payudara dan Mamografi untuk mendeteksi dini kanker payudara, (3) Periksa Kulit Sendiri (SAKURI) untuk deteksi dini kanker kulit, dan (4) Periksa Mulut Sendiri (SAMURI) untuk deteksi dini kanker mulut.

Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang harus di tanggulangi dan dikendalikan secara bersama oleh pemerintah, swasta, dan masyarakat mengingat PTM masih merupakan penyebab kematian tertinggi  dan membutuhkan pembiayaan pengobatan yang mahal.
Dengan demikian saya berkesimpulan bahwa penyakit tidak menular itu bisa dicegah, kalaupun tak bisa dicegah bisa dideteksi secara sangat (sekali lagi sangat) dini. Sehingga pengobatan jauh lebih mudah dan murah daripada sudah terlambat. Dengan mampu mendeteksi dini upaya untuk melakukan penyembuhan bisa dilakukan. "Paling tidak bisa hidup secara normal,"

Akhirnya dengan uraian diatas, penulis mengajak kita semua untuk “Berperilaku Hidup Sehat dan mengedepankan budaya deteksi dini”. Gaya hidup sehat harus diterapkan dalam perilaku sehari-hari, tanpa perilaku hidup sehat upaya akan sia-sia. Perilaku ini yang kami sebut “CERDIK” : (1) Cek kesehatan secara berkala (Perlu deteksi dini karena gaya hidup modern saat ini sangat berpengaruh terhadap meningkatnya jumlah pasien kanker). Cek kesehatan secara berkala adalah cek kesehatan setiap bulan yang bisa dilakukan di Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU)  di tingkat desa/kelurahan atau di fasilitas pelayanan kesehatan. Saat ini POSBINDU suda terbentuk di seluruh kab/kota di Maluku Utara, (2) Enyahkan asap rokok-tidak merokok, (3) Rajin beraktivitas fisik/olahraga-minimal 30 menit setiap hari, (4) Diet yang seimbang-mengatur asupan makanan yang dikonsumsi dengan perbanyak makan sayur dan buah, (5) Istirahat yang cukup-tidur minimal 8 jam setiap hari, dan (6) Kelola stress dengan baik.

Mari Menuju Masa Muda Sehat, Masa Tua Nikmat tanpa PTM dengan perilaku CERDIK.
Back Reading... Part. 1
Baca Juga :

0 Response to "CERDIK: Strategi mengungkap Kanker dan Mengurangi Angka Kematian "Refleksi Hari Kanker Sedunia 2019" Part.2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel