Stunting Tanggung Jawab Siapa ?.

Stunting (anak pendek) merupakan salah satu masalah gizi yang dihadapi dunia saat ini, khususnya di negara-negara miskin dan berkembang stunting menjadi permasalahan kesehatan karena berhubungan dengan risiko terjadinya kesakitan dan kematian, perkembangan otak suboptimal, sehingga perkembangan motorik terlambat dan terhambatnya pertumbuhan mental
Hal ini menjadi ancaman serius terhadap keberadaan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Anak pendek merupakan predikat buruknya kualitas sumber daya manusia yang diterima secara luas, yang selanjutnya menurunkan kemampuan produktif suatu bangsa di masa yang akan datang.

Di Indonesia berdasarkan data Pemantauan Status Gizi (PSG) selama tiga tahun terakhir, kategori pendek memiliki prevalensi tertinggi dibandingkan dengan masalah gizi lainnya seperti gizi kurang, kurus, dan gemuk. Prevalensi balita pendek mengalami peningkatan dari tahun 2016 yaitu 27,5% menjadi 29,6% pada tahun 2017. di Maluku Utara sendiri dalam tiga tahun terakhir mengalami peningkatan sejak 2015 hingga 2017 dengan kategori sangat pendek dan pendek yaitu tahun 2015 (24,5%), tahun 2016 (24,6%) dan pada tahun 2017 (25,0%) (Dinkesmalut 2018).
Walau peningkatan Stunting tidak begitu signifikan tapi masalah ini perlu diwaspadai secara serius oleh semua pihak. apalagi Anjlognya harga kopra yang merupakan komoditi utama petani Maluku Utara yang belum juga kondusif hingga sekarang dan meningkatnya angka penduduk miskin yang tercatat (BPS Malut 2018) pada September 2018 sebesar 81,93 ribu orang 6,62%, bertambah sekitar 0,5 ribu orang dibandingakan dengan penduduk miskin pada Maret 2018 sebesar 81,46 atau 6,64%,. Hal ini sangat memungkikan terjadi penikatan kasus Stunting. Karena hal ini bisa jadi penurunan daya beli kelurga yang pengaruhi tingkat asupan gizi kelurga. 

Untuk itu perlunya kerja sama semua pihak karena masalah stunting ini bukan hanya tanggung jawab orang kesehatan atau instansi kesehatan tapi tanggung jawab kita semua terutama keluarga.

Baca Juga:    

0 Response to "Stunting Tanggung Jawab Siapa ?."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel