Penyakit Akibat Sampah


Kebiasaan  membuang sampah sebarangan selain dapat menimbulkan pemandangan yang tidak bagus alias jorok dan bau yang tak sedap, membuang sampah sebarangan juga dapat menimbulkan penyakit baik secara langsung maupun tidak langsung antra lain sebagai berikut:

Secara langsung.
Penularan penyakit terjadi jika seseorang bersentuhan langsung dengan sampah yang mengandung kuman, lalu kuman tersebut masuk ke dalam tubuh melalui mulut atau mukosa kulit yang terbuka. misalnya jika seseorang tergores kaleng berkarat dalam tumpukan sampah dan terluka, bakteri tetanus yang ada pada kaleng berkarat dapat masuk lewat luka dan menginfeksi tubuh.

Baca Juga: Masalah Sampah Antara Kesadaran dan Longgarnya Aturan
Secara Tidak Langsung.
Tumpukan sampah merupakan salah tempat empuk untuk berkembangbiaknya hewan pembawa penyakit seprti, lalat, nyamuk, kecoa dan tikus, hewan-hewan ini dapat menjadi perantara bagi kuman penyakit kemudian menyebabkan penyakit pada manusia.


Penyakit yang Ditimbulkan.
Penyakit yang dapat ditimbulkan akibat sampah antra lain :

Diare
Diare merupakan salah satu penyakit yang paling umum terjadi akibat bakteri dan parasit  yang ditularkan melalui lalat, dengan cara lalat yang telah terkontaminasi kuman penyakit yang berada pada tumpukan sampah kemudian hinggap dimakanan kemudian termakan oleh masusia.

Malaria dan DBD
Dua penyakit ini penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk anopheles betina untuk malaria dan  Aedes aegypti unrk DBD, nyamuk berkembang biak di air yang kontak dengan tanah (malaria) dan air tidak kontak dengan tanah (DBD) tentunya keberadaan air ini tanpa kita sadari terdapat pada sampah-sampah yang berhamburan dan ini menjadi habitnya.

Baca Juga: Bidan Penentu Keberhasilan Program Kesehatan.
Pes
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Yersina pestisia yang ditularkan oleh tikus dan hewan pengerat lainnya. Umumnya, penyakit pes tersebar di daerah yang lingkungan padat penduduk dan pastinya memiliki tingkat kebersihan yang buruk alias sampah berhamburan di mana-mana. Komplikasi penyakit dari tikus ini bisa berujung pada meningitis, bahkan kematian.

Salmonellosis
Penyakit yang timbul akibat infeksi bakteri Salmonella di dalam perut dan usus. Sebagian besar pasien dengan infeksi ringan akan sembuh dalam waktu 4-7 hari tanpa pengobatan. Penularan dapat terjadi ketika orang makan makanan yang terkontaminasi bakteri (seperti makan di restoran yang sama). Sebagian besar pasien Salmonellosis hidup dalam kondisi lingkungan yang miskin, berpolusi, dan kebanyakan dekat dengan lingkungan dengan pengelolaan sampah yang buruk.

Hepatitis A
Virus Hepatitis A dapat menyebar melalui sampah. Virus ini menyebabkan adanya gangguan fungsi hati akut. Penyebaran virus hepatitis A terjadi akibat kontaminasi makanan dan air yang kemudian keduanya dikonsumsi oleh orang yang sehat.

Mencega lebih baik dari pada mengobati, tingkatkan kualitas hidup kita mempebiasakan buang sampah pada tempatnya. 

Baca Juga :

0 Response to "Penyakit Akibat Sampah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel