Langkah Pertama Gerakan Masyarakat Hidup Sehat


Perkembangan penyakit tidak menular semakin hari semakin menakutkan bagi sebagian masyarakat saat ini, seperti diabetes melitus, hipertensi, penyakit jantung koroner, gagal ginjal, dan juga stroke. Penyebab utama dari penyakit tidak menular ialah kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan. 

Padahal penyakit tersebut sebenarnya bisa dikurangi resikonya dengan banyak melakukan aktivitas fisik dalam kehidupan harian-hari

Umumnya aktivitas fisik dibagi menjadi tiga macam, yaitu aktivitas fisik sehari-hari, aktivitas fisik  dengan latihan, dan juga olahraga.

Melakukan Aktivitas Fisik
Perilaku kehidupan modern seringkali membuat banyak orang minim melakukan aktivitas fisik; baik itu aktivitas fisik karena bekerja maupun berolah raga. Kemudahan-kemudahan dalam kehidupan sehari-hari karena bantuan teknologi dan minimnya waktu karena banyaknya kesibukan telah menjadikan banyak orang menjalani gaya hidup yang kurang sehat. 

Baca Juga: Etika Kesehatan Antara Dokter dan Kesehatan Masyarakat

Bagian germas aktivitas fisik merupakan salah satu gerakan yang diutamakan untuk meningkatkan kualitas kesehatan seseorang.

Aktifitas fisik yang dimaksud disini adalah setiap gerakan tubuh  yang dapat meningkatkan pengeluaran tenaga atau energi. Ada tiga komponen utama dalam aktifitas  fisik yaitu aktifitas/kegiatan sehari-hari, latihan fisik dan olahraga.

Aktifitas/kegiatan Sehari-hari
Berbagai aktifitas  fisik kita lakukan sehari –hari seperti Menyapu, mengepel, mencuci,  menyetrika, naik turun tangga, dan sebagainya. Berbagai aktifitas  tersebut tentu memerlukan tenaga dan membakar kalori. 

Latihan Fisik
Latihan fisik adalah semua bentuk aktifitas  fisik yang dilakukan secara terstruktur dan terencana, dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani,  misalnya: jalan  kaki, jogging, sit-up/push-up,  peregangan, senam aerobik, bersepeda dan sebagainya.

Baca Juga: Kesehatan Remaja dan Fakta Tentang Mimpi Basah

Olahraga
Olahraga adalah salah satu bentuk aktifitas  fisik yang dilakukan secara terstruktur, terencana dan berkesinambungan dengan mengikuti aturan-aturan tertentu dan bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan prestasi. Misalnya: sepakbola, badminton, bola basket, tenis meja, balap sepeda, dan sebagainya. 

Olahraga memiliki banyak manfaat, baik aspek fisik dan psikologis namun dalam berolah raga perlunya memperhatikan prinsip utama berolahraga yaitu berolah raga dengan baik, benar, terukur dan teratur.

0 Response to "Langkah Pertama Gerakan Masyarakat Hidup Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel