Makanan Yang Bergizi Tidak Harus Mahal

Ilustrasi

Kebutuhan akan makanan mengalami pergeseran dari waktu ke waktu. Berawal dari istilah empat sehat lima sempurna, dimana setiap orang disarankan untuk memenuhi kebutuhan gizi melalui sumber karbohidrat, lauk, sayur, buah dan susu menjadi menu seimbang. Dengan menu seimbang kebutuhan tiap individu tidak harus mengikuti empat sehat lima sempurna, namun disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu.

Selain pola pergeseran istilah makanan pergeseran akan tren dalam pemenuhan mekanan juga menjadi gaya masa kini yang seperti tempat untuk mendapat makanan dan juga harga menjadi tren tersendiri di kalangan masyarkat saai ini, tetapi dalam mendapatkan makanan yang bergizi tidak selalu mahal atau berasal dari restoran yang wah. Nah pembahasan data kesmas kali ini mengenai Bergizi tidak seharusnya mahal. Ok

Intinya  makanan yang bergizi adalah makanan yang mengandung “zat gizi” seimbang, meliputi protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Yang Dahulu makanan bergizi identik dengan disebut makanan 4 sehat 5 sempurna (red), yang terdiri dari nasi, lauk, buah, sayur (4 sehat) dan ditambah susu menjadi 5 sempurna, dan tentunya tidak semua orang mempunyai kesempatan untuk meminum susu.

Baca Juga: Gizi Prakonsepsi: Mencegah Stunting Sejak Menjadi Calon Pengantin

Sekarang konsep tersebut diperbaiki menjadi makanan gizi seimbang. Karena makanan sehat tidak dilihat dari berat asupan per jenis bahan pangan (nasi, terigu, daging, ikan, dan seterusnya), tetapi lebih dilihat dari aspek asupan “zat gizi” secara total makanan. 

Dan diera sekarang kita melihat kecenderungan orang untuk mengkonsumsi makanan cepat saji, makanan pabrikan, jajanan yang mungkin tidak aman, minuman kurang sehat, atau makanan yang kandungan zat gizinya rendah, menjadi trend tersendiri.

Makanan cepat saji dianggap kurang sehat karena komposisinya yang kurang seimbang karena (biasanya tinggi lemak), makanan pabrikan tentunya mengandung bahan tambahan pangan (pengawet) dan minuman kurang sehat.

Baca Juga: Salah Satu Alasan Dilarangnya Sakit

Pada hal makanan yang lebih tradisional di desa yang terdiri dari umbi-umbian, jagung, ketela (gaplek), ikan, jamur, dan makanan lokal lainnya, sebenarnya juga adalah makanan sehat. Yang perlu ditingkatkan adalah komposisi hidangan yang dimakan harus lengkap, jadi pada intinya harus ada sumber protein, sumber karbohidrat, dan sumber vitamin dan mineral, itu cukup dan mendapatkanya tidak harus mahal. Sekali lagi bukan harga tapi sumber makanan harus memenuhi kebutuhan akan zat gizi tubuh.

1 Response to "Makanan Yang Bergizi Tidak Harus Mahal"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel