Langkah Kedua Gerakan Masyarakat Hidup Sehat


Gerakan Masyarakat Hidup Sehat merupakan sebuah Gerakan Sosial yang dilakukan oleh kelompok, organisasi dalam jumlah besar yang secara spesifik berfolus pada suatu isu-isu sosial, saat ini telah diupayakan oleh para penggiat Kesehatan dan Pemerintah untuk melakukan sebuah gerakan besar untuk hidup sehat. 

Langkah pertama melakukan aktifitas fisik langkah kedua gerakan masyarakat hidup sehat yaitu dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, juga mengurangi makanan junkfood dan minuman bersoda.

Keinginan untuk makan makanan praktis dan enak seringkali menjadikan berkurangnya konsumsi sayur dan buah yang sebenarnya jauh lebih sehat dan bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa jenis makanan dan minuman seperti junk food dan minuman bersoda sebaiknya dikurangi atau dihentikan konsumsinya. Menambah jumlah konsumsi buah dan sayur merupakan contoh GERMAS yang dapat dilakukan oleh siapapun.

Hasil penelitian riset kesehatan dasar menyatakan masih banyak penduduk yang tidak cukup mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yaitu sebanyak 93,5% penduduk usia >10tahun mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dibawah anjuran. Padahal, konsumsi sayuran dan buah-buahan merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan Gizi Seimbang.

Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin, mineral dan serat pangan. Sebagian vitamin, mineral yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh. 

Dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup turut berperan dalam menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula dan kolesterol serta menurunkan risiko sulit buang air besar (BAB/sembelit) dan kegemukan. 

Sehingga turut berperan dalam pencegahan penyakit tidak menular kronik seperti penyakit jantung koroner, hipertensi, dan diabetes mellitus tipe 2. Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup merupakan salah satu indikator sederhana gizi seimbang.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan RI telah menentukan porsi makan sayuran dan buah-buahan yang ideal bagi orang sehat yaitu sebanyak 400 gram perorang perhari yang terdiri dari 250 gram sayur dan 150gram buah.

Jenis Sayur-Sayuran Berkhasiat Baik

Beberapa jenis sayuran ini adalah jenis sayuran lokal yang tumbuh di lingkungan sekitar kita, antara lain :

1. Kemangi (Ocimum sanctum L.) : mengandung antioksidan/ antikanker, memperlancar air susu ibu(ASI), mengobati panas dalam dan sari awan, membantu mengatasi bau badab, bau keringat dan bau mulut


2. Katuk (Sauropus androgynus (L) Merr) : mengandung antioksidan/ antikanker, memperlancar air susu ibu(ASI),menobati borok, bisul dan infeksi kulit lainnya, memperlancar saluran pencernaan dan buang air besar

3. Kecipir (Psophocarpus tetragonolobus L.): mengandung antioksidan/ antikanker mengatasi bisul, borok dan peradangan lainnya mempunyai efek membersihkan darah serta menurunkna kolesterol

4. Leunca (Solanum nigrum L) : mengandung antioksidan/ antikanker, mengatasi luka dan infeksi, baik untuk kesehatan tulang, gigi dan kulit, menambah nafsu makan serta meningkatkan gairah

5. Pare (Momordicacharantia) : mengandung antioksidan/ antikanker, memperlancar asi, mengendalikan penyakit Diabetes, menurunkan kolesterol, pengobatan gangguan liver, pembersih darah dan menambah nafsu makan

6. Selada air : mengandung antioksidan/ antikanker, MENGOBATI GANGgguan dan iritasi pada kulit, memperlancar saluran pencernaan dan mengobati hipertensi.

7. Kucai (Alium odoratum L) : menurunkan panas pada anak

8. Kelor (Moringa oleifera) : memperlancar asi, mengurangi anemia

9. Daun pepaya (Carica papaya Linn) :menyembuhkan malaria dan menaikan jumlah trombosit pada penderita Demam berdarah

10. Terong cepoka (Solanum torvum) : mengatasi sakit lambung dan tidak datang haid, pinggang kaku maupun bengkak terpukul, batuk kronis, bisul atau koreng, jantung berdebar (tachycardia), nyeri jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi

11. Mentimun (Cucumis sativus L.) : mengurang kecacingan, menurunkan tekanan darah tinggi

12. Cabai Rawit (Capsicum frutescens L) : tonik, stimulan kuat untuk jantung dan aliran darah, antirematik, menghancurkan bekuan darah (antikoagulan), meningkatkan nafsu makan (stomakik), perangsang kulit, peluruh kentut (karminatif), peluruh keringat (diaforetik), peluruh liur, dan peluruh kencing (diuretik).

13. Saledri (Apium graveolens L.) : Sakit kepala, mengendurkan saraf, hipertensi

14. Sereh (Cymbopogan nardus Linn) : digunakan sebagai peluruh air seni, peluruh keringat, peluruh dahak / obat batuk, bahan untuk kumur, dan penghangat badan. Daun: digunakan sebagai peluruh angin perut, penambah nafsu makan, pengobatan pasca persalinan, penurun panas dan pereda kejang.

15. Kangkung Air (Ipomoea aquatic): Ketombe, mimisan, sakit gigi, sariawan, pusing-pusing sebelah, ambeien, cacar air, frambusia (patek), bisul, sembelit, susah tidur, melancarkan air seni, uraf saraf lemah (neurasthenia), mengurangi haid, wasir

16. Labu siam (Sechium edule Sw) : Untuk mengatasi panas/demam, menurunkan koleterol

17. Terong (Solanum melongena): Penyubur untuk menginginkan keturunan

0 Response to "Langkah Kedua Gerakan Masyarakat Hidup Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel