Pencegahan Virus Corona Dalam Perspektif Islam

Usman Muhammad (Ketua MUI Kota Ternate)

Akhir-akhir ini masyarkat dunia termasuk Bangsa Indonesia diresahkan dengan virus yang sangat berbahaya yaitu virus Corona yang telah menewaskan ratusan jiwa manusia di Wuhan China. Virus Corona atau Coronavirus adalah virus dari familia Coronaviridae yang dapat menyebabkan penyakit pada burung dan mamalia seperti kelelawar, ular dan lain-lain termasuk manusia. Infeksi infeksi coronavirus menyebabkan berbagai penyakit seperti bronchitis, ensefalitis, gastroenteritis dan hepatitis.

Penyebab Virus Corona
Analisis terbaru para ilmuan China menunjukan virus ini ditularkan dari kelelwar ke ular kemudian ke manusia. Sup kelelawar seperti tidak pernah kita dengar dan popular di negara manapun dunia ini, namun di Wuhan China ada hidangan yang popular dan spesifik serta sangat disukai. Tidak cuma kelelawa, ular juga diduga penyebab penyebaran virus corona.

Ular sering berburu kelelawar di alam liar, laporan menunjukan bahwa ular dijual di pasar makanan laut di Wuhan meningkat, kemungkinan tahun 2019 mungkin telah melopat dari spesis inang-kelelawar-menjadi ular dan kemudian ke manusia pada awal wabah Coronavirus ini. 

Virus ini mirip dengan sindrom pernapasan akut para yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Dilansir dari Kompa.com virus ini awalnya di Wuhan China kemudia menyabar ke negara tetangga seperti Korea Selatan, Jepang, India, Kamboja termasuk di Amerika Serikat.

Menurt Dokter Dian Handayani (dokter spesialis paru) dari Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, 2019-nCoV adalah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Bedanya denga virus lain kata dr. Diah, virus corona ini memiliki verulensi atau kemampuan yang tinggi untuk menyebarkan penyakit yang fatal. Virus ini berbhaya jika telah masuk dan merusak fungsi paru-paru atau dikenal dengan pnemonia, yaitu inveksi atau peradangan akut di jaringan paru yang disebabkan oleh virus dan berbagai organisme lain, seprti bakteri, parasit dan jamur.

Pertukaran oksigen tidak bisa terjadi sehingga orang mengalami kegagalan dalam pernapasan. Itulah mangapa virus ini berat karan bukan hanya penyebab flu atau influensa tapi menyebakan penemonia.

Bagaimana Cara Islam Mencegah Virus Corona
Mungkin pembaca akan bertanya-tanya dalam hati, apakah islam memberikan solusi untuk menularnya virus yang berbahaya dan menghebohkan masyrakat dunia ini. Penulis mencoba mengemukakan beberapa tuntunan Agama Islam tentang pencegahan penyakit pada umumnya dan khususnya untuk mencegah penyebaran virus corona antara lain: 

Pertama, 
Hindari makanan dan minuman yang haram atau tidak jelas kehalalannya, misalnya kelelawar, ular dan tikus. Di dalam Al-Qur’an ada beberapa ayat yang memberikan informasi sebagai berikut: “Hai sekalian manusia, makanlah kamu apa yang ada di bumi yang halal lagi baik, dan jangan kamu mengikuti langkah-langkah setan, karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu” (QS. Al-Baqarah: 168). Dan dilain ayat Allah berfirman: “Dan dihalkan bagi meraka segala yang baik dan diharmkan bagi meraka segala yang jelek/kotor” (QS. Al’Raf:157).

Kedua 
Selalu menjaga wudhu kondisi kita selalu dalam kondisi suci dan bersih yang menjadi salah satu syarat ibadah, wudhu juga membuat orang muslim sering membasuh tangan dan wajah serta anggota tubuh lainnya agar tetap bersih, karena dengan kebersihan kita akan terhindar dari berbagi virus maupun kuman penyakit.

Wudhu selain hikmahnya memberihkan diri dari segala macam kotoran juga hadas kecil yang menempel pada tubuh, juga menjadi pengampunan dosa sekaligus memberi syafaat. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw: “Barang siapa yang tidur malam dalam keadaan suci (berwudhu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berkata: “Ya Allah ampunilah hambamu ini, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci” (HR. Ibnu Hibban dan Ibnu Umar r.a).

Ketiga
Ketika bersin hendaklah menunduk, menutup mulut dan hidung dan ucapkan alhamdulillah. Hal ini dimaksud dapat mencegah penybaran penyakit sekaligus saling mendo’akan. Hal ini sesuai petunjuk Rasulullah Saw. Dalam sebuah hadis: ”Jika seorang diantara kamu bersin, maka ucapkan Alhamdulillah (segala puji bagi Allah) hendaklah saudarnya (yang mendengar) mengucapkan yarhamkallah (semoga Allah merahmatimu), Jika ia mengucapkan ya rhamkallah ucapkan yahdikumullah wa yushlih baalakum (semoga Allah memberikan petunjuk dan memperbaiki keadaanmu).

Kempat
Selalu berdoa kepada Allah, SWT. Agar dijauhkan dari segala wabah penyakit dan kemksiatan dan serta marabahaya. Diantar do’a yang dianjurkan agar kita terhndar dari segala marabahaya antara lain: “Ya Allah, angkatlah dari kami berbagi penyimpangan, malapetaka, zina, riba, gempa bumi, bencana segala wabah penyakit yang berbahaya, cobaan hidup yang buruk, baik yang nyata maupun tersembunyi dari negri kami ini, Khususnya Indonesia dan semua negeri kaum Muslimin, dengan Rahmat-Mu, wahai Dzat yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”.

Demikian beberapa tips yang ditawarkan Islam untuk menghindari dan menangkal berbagai virus penyakit, terutama viru corona yang tengah menghebohkan dunia, termasuk masyarkat dan bangsa Indonesia tercinta. Semoga kita semua dilindungi oleh Allah SWT. Asal kita berusaha dan selalu berdo’a kepada-Nya, sebagimana peringatan-Nya, “Ingatlah kepada-Ku niscaya Aku ingat kepadamu dan bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu mengingkari nikmat-Ku” (Qs: Al-Baqrah: 152). “dan berdoa kepada-Ku niscaya Aku akan mengabulkan permintaanmu” (Qs: Al-Mukmin: 60).***

0 Response to "Pencegahan Virus Corona Dalam Perspektif Islam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel