10 Alasan Untuk Kamu Berhenti Merokok Dari Sekarang


Aktifitas merokok atau menghisap rokok merupakan salah satu perilaku yang bisa dikatakan perilaku yang negatif, walau sampai saat ini tidak ada sangsi moral bagi pelakunya, tidak sama seperti halnya mengkonsumsi atau menghisap ganja namun aktifitas ini sangat merugikan bagi diri sendiri dan lingkungan, sampaing itu para perokok punya alasan sendiri yang membuat mereka hingga saat ini belum juga berhenti merokok, tapi perlu diketahui ada banyak risiko yang akan ditanggung oleh perokok selain risiko kesehatan ada juga risiko lain. Dan berikut sepuluh alasan untuk berhenti merokok:

1. Penyakit Menanti
Acaman penyakit yang akan diperoleh ketika merokok bukan hal yang tidak diketahui oleh para perokok bahkan hal ini terpampang jelas pada bungkusan rokok berupa tulisan dilengkapi gambar tapi halini tidak membuat orang berhenti merokok, dikarenakan efek penyakit yang diperloleh bukan pada saat orang itu merokok melaikan dalam waktu yang cukup panjang yaitu 5 sampi 10 tahun bahkan lebih, dan penyakit itu berupa penyakit jantung, kanker dan sebagainya, penyakit akan terjadi itu bukanlah mitos semata namun dalam berbagai hasil penelitian kesehatan penyakit-penyakit itu terjadi di kerenakan faktor prilaku merokok.

2. Keuangan
Saat ini dinegara yang kita cintai ini segala kebutuhan mengalami kenaikan harga termasuk rokok semenatara lapangan pekerjaan semakin sulit diperoleh upah pekerja tetap, angka pengangguran pun meningkat namun kebutuhan akan rokok merupakan salah kebutuhan yang harus terpenuhi bagi para perokok, dikerekan hal ini sudah menjadi kebiasaan dan kecanduan tentunya hal ini merupakan perilaku pemborosan uang disaat seprti ini. Banyangkan saja bila kebuthan rokok sehari perbungkus berapa biaya yang harus di keluarkan ini harus diperhitungkan dan renungkan maka berhenti merokok bukan lagi kata tidak.

3. Gaya Hidup
Gaya hidup merupakan salah satu alasan orang merokok adalah agar kelihatan gentleman namun kiranya pemikiran seperti ini dijaman skarang sudah tidak pas lagi, karena banyak cara yang lebih positif dilakukan agar tampil keren bukan hanya dengan rokok, merokok bukan hal yang menguntungkan melaikan merugikan diri sendiri dan orang lain. Bahkan perlu diketahui trend masa kini hidup tanpa rokok merupakan gaya hidup yang lebih keren. Contoh sederhana saja nilai jual seorang lelaki yang tidak merokok lelih mahal daripa seorang lelaki yang merokok di mata seorang wanita, bahakan calon mertua. 

Baca Juga: Anak dan Bahaya Narkoba

4. Kepercayaan Diri
Cenderung orang yang merokok itu kehilangan kepercayaan diri didepan orang lain saat beradapan mereka tidak merokok, maka merokok merasa memberikan kepercayaan tersendiri dihadapn orang lain, pada hal nilai kepercayaan diri bukan pada rokok tapi pada dirinya sendiri, bagaimana menghargai dirinya dan menghargai orang lain.

5. Bau Tak Sedap
Satu hal yang kurang disadari para perokok adalah asap rokok dapat membuat bau tidak sedap pada pakayan, dikarenakan asap yang menemple pada pakayan mereka pada saat merokok selain itu merokok juga membuat mulut mengelurkan bau tak sedap.

6. Cenderung Stres
Banyak orang mengatakan aktifitas merokok dapat menghilakan stres yang dialaminya,  dengan menarik dan mengelurkan asap rokok dari mulut dan hidung kenikmatannya dapat menghilangkan stres yang dialami, tapi tanpa disadari Kebiasaan merokok itulah yang menimbulkan masalah stres tersendiri di sampaing masalah-masalah penyebab stres lainya.

7. Mempercepat Proses Penuaan
Proses penuaan adalah sesuatu proses yang pasti terjadi pada fisik manusia seiring berjalanya waktu, namun ketika proses itu berjalan lebih cepat makan akan kelihatan fisik kita terutama pada bagian wajah terlihat lebih tua dari usia kita, hal ini dikarenakan radikal bebas yang terkandung pada tubuh kita berlebihan. dalam berbagai hasil penelitian radikal bebas berhubungan erat dengan aktifitas merokok dan hal itu bisa lihat dan dibandingkan sendiri bagaimana wajah orang yang merok dan tidak merokok.

Baca Juga: CUBAN HEALTH PARADOX

8. Usia Harapan Hidup
Usia harapan hidup yang panjang merupakan keinginan semua orang dan hal ini biasa kita lihat ketika orang merayakan hari lahirnya atau ulang tahun, doa yang paling sering dipanjatkan ialah panjang umur, namun deretan panjang penyakit yang menunggu bagi para perokok mengakibatkan harapan itu sirna.

9. Panutan
Aktifitas merokok bagi para orang tua memiliki pengaruh tersediri bagi anak-anak mereka, karena anak-anak cenderung mengikuti apa yang dilakukan orang tuanya,  jangan heran ketika anak-anak melakukan hal-hal yang sama seperti merokok diusia sekolah orang tua pun tidak bisa menahanya dikarenak orang tua sebagai panutan mempunyai perilaku yang sama.

10. Meroko Haram
Tentunya dari keburuk-keburukan akibat merokok seprti poin-poin diatas tentu kita sebagai perokok dan yang beragama islam punya padangan tersendiri tentang keburukan itu tapi bagaiman halnya jika dalam ijtima ulama seIndonesia menghasilkan fatwa MUI bahwa rokok itu Haram. Maka tentunya tidak ada alasan lagi untuk melanjutkan merokok.

Berhentilah merokok dari sekarang !, kalau bukan dari sekarang kapan lagi ?.

1 Response to "10 Alasan Untuk Kamu Berhenti Merokok Dari Sekarang"

  1. Yes berhenti merokok,di perlukan niat yang kuat,kalau tidak bgtuh mudah tergoda lagi dan tergoda lagi,saya contoh orangya,tapi kabar bagus cukai tembakau bakalan naik,maka harga rokok juga pasti naik,ini lah saat berhenti merokok..

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel