Kesehatan Remaja dan Fakta Tentang Mimpi Basah

Ilustrasi 

Apa itu Mimpih Basah
Mimpi basah atau nocturnal emission  adalah ejakulasi yang terjadi pada saat seorang pria tertidur. Hal ini umumnya terjadi karena pria bermimpi melakukan hubungan seksual. Ejakulasi saat mimpi basah bisa terjadi tanpa rangsangan tertentu. Mimpi basah biasanya terjadi berbarengan dengan ereksi di pagi hari. Atau Mimpi basah sendiri biasanya dialami oleh mereka yang baru saja mengalami masa pubertas. 

Mengapa disebut Mimpi Basah ?
Alasan disebut mimpi basah karena ketika seorang pria mengalami jenis mimpi ini, ia dapat terbangun dengan kondisi pakaian atau tempat tidur basah. Hal Ini karena air mani atau sperma yang dikeluarkan saat ejakulasi membasahi pakaian atau tempat tidurnya. Istilah yang sama juga digunakan untuk menyebut seorang wanita orgasme saat tidur.

Mimpi basah tidak disebabkan oleh masturbasi saat tidur, ini terjadi tanpa stimulasi manual. Sementara dalam penelitian telah ditemukan bahwa, rata-rata 8 persen mimpi basah berkaitan erat dengan konten seksual. Dalam studi yang lain, baik pria maupun wanita dilaporkan mengalami orgasme sekitar 4 persen dari mimpi yang berkaitan dengan erotis mereka.

Baca Juga: Mitos Dan Fakta Tentang Kesehatan Remaja 

Faktor apa saja sih yang mempengaruhi seseorang mengalami mimpi Basah ?
1. Usia 
Kuantitas seseorang mengalami mimpi basah sangatlah bervariasi. Setidaknya 70% pria berusia 21-25 tahun yang belum menikah pernah mimpi basah. Umumnya pria berusia produktif, yaitu dari usia remaja hingga usia 30an, lebih sering mengalami mimpi basah. Namun pria yang berusia lebih tua juga masih bisa mendapat mimpi basah.

2. Kurangnya Aktifitas Seksual
Salah satu yang menjadi pemicu mimpi basah ialah minimnya aktivitas seksual, terutama pada pria yang belum memiliki pasangan (menikah). Seberapa sering seorang pria mengalami mimpi basah diduga juga berkaitan dengan masturbasi. Secara umum, mimpi basah paling banyak dialami pria yang jarang melakukan mastrurbasi.

Namun, meski mimpi basah merupakan hal yang umum terjadi pada pria. Nyatanya tidak semua pria akan mengalami mimpi basah. Ada beberapa pria yang jarang atau bahkan tidak pernah mengalami mimpi basah, walaupun sudah memasuki usia produktif.

Baca Juga: Makanan Yang Bergizi Tidak Harus Mahal

Mengapa Harus Mimpih Basah ?
Mimpi basah umumnya mulai diawali pada masa-masa menjelang remaja atau pubertas. Saat itu tubuh pria mulai memproduksi hormone testosteron yang akan memproduksi sperma.

Pada masa ini, tubuh seorang remaja mengalami beberapa perubahan secara alami. Biasanya terjadi pada Sekitar usia 13 tahunan, penis pada remaja pria mulai berkembang dan memanjang. Testis juga mengalami perkembangan. Bersamaan dengan perubahan tersebut, remaja juga akan mengalami pertumbuhan rambut kemaluan yang makin tebal dan menyebar pada sekitar alat kelamin.

Selain itu, remaja pria juga biasanya akan mengalami perubahan suara dan mengalami pertumbuhan massa otot. Tinggi badan bertambah sekitar 7-8 cm per tahun. Saat inilah, umumnya remaja pria mulai mengalami mimpi basah.

Apakah orgasme saat Mimpi Basah berbahaya ?
Pertanyaan yang sering muncul dalam benak seorang remaja pria yang baru pertama mengalami mimpi basah ialah: apakah mimpi basah ini berbahaya? Apakah mimpi basah membuat usia jadi pendek dan melemahkan tubuh sehingga membuat pria jadi sakit-sakitan ?

Baca Juga: Salah Satu Alasan Dilarangnya Sakit

Jawaban untuk pertanyaan ini ialah TIDAK. Orgasme pada mimpi basah tidak memberikan efek negatif pada remaja pria. Kejadian ini ialah respons alami tubuh terhadap rangsang yang muncul saat tidur. Karena pria belum pernah atau jarang melakukan hubungan seks dan tidak masturbasi, volume sperma akan selalu penuh dan membuat mereka mudah terangsang. 

Untuk remaja pria yang baru saja puber, kejadian ini adalah sesuatu yang NORMAL. kamu tidak perlu khawatir setelah mimpi basah.

0 Response to "Kesehatan Remaja dan Fakta Tentang Mimpi Basah "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel