6 Langkah Pencegahan Virus Corona Covid-19

Virus corona Covid-19 telah mewabah di berbagai belahan dunia dan kini Dua orang di Indonesia telah terkonfirmasi positif terkenal virus corona pada Senin (2/3/2020). Hingga kini, tercatat lebih dari 89.000 kasus infeksi Covid-19 di dunia dengan lebih dari 3.000 kasus kematian. 

Segala upaya telah di lakukan mulai dari mitigasi maupun pengendalian penyakit menular, dan telah dikelurkan berbagai imbauan dari pihak terkait. Selain prosedur penanganan ada ada hal prinsip yang harus dilakukan ialah pencegahan sebelum terjadi.

Upaya tersebut dibutuhkan untuk membantu mencegah penyebaran penyakit ke orang lain di lingkungan sekitar. Cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus ini ialah dengan menghindari atau membatasi kontak dengan orang-orang yang menunjukkan gejala virus selain itu ada juga yang perlu diperhatikan antara lain sebagi berikut :
1. Cuci Tangan 
Cuci tangan merupakan hal yang sederhana tapi memiliki manfaat yang besar untuk terhindar dari penyait menular, hal yang sederhana ini mungkin hanya membutuhkan kurang lebih 20 detik setiap kali, dengan air hangat atau pada air mengalir dan sabun, atau menggunakan alkohol dengan kandungan > 60 persen, ini dilakukan setalah beraktifitas diluar rumah dan berinteraksi dengan banyak orang. 

2. Menggunakan Masker 
Menggunakan masker saat berada di sekitar orang lain atau berinteaksi dengan mereka, hewan peliharaan, atau jika akan memasuki kantor penyedia layanan kesehatan atau tempat umum lainya.

3. Menutupi Mulut.
Tutupi mulut dan hidung anda dengan tisu saat batuk atau bersin dengan tisu, kemudian buang tisu itu pada tempat sampah dan lakukan langkah nomo 1 (cuci tangan).

4. Jangan menyentuh wajah, mata, hidung, atau mulut saat tangan kotor, atau selesai dari menjabat tangan dengan orang ialn atau selai menyetuh benda asing yang banyak digunakan orang lain, lakukanlah langkah nomor 1 (cuci tangan) terlebih dahulu jika anda hendek menyentuh wajah atau lainya. 

5. Jaga Kebersihan Benda yang Digunakan.
Permukaan benda yang seringkali disentuh, termasuk meja, gagang pintu, perlengkapan kamar mandi, toilet, telepon, keyboard, tablet, hingga tempat tidur. Selain itu, bersihkan pula semua permukaan yang mungkin tersentuh darah, feses, atau cairan tubuh. Selain itu menghindari penggunaan alat-alat pribadi dengan orang lain, semisal gelas, alat makan, handuk dan lainnya.

6. Kurangi Aktifitas di Luar Rumah
Hal yang paling mungkin untuk menghindar dari penyakit ini ialah kurang aktifitas di luar rumah, kecuali untuk memperoleh layanan kesehatan. Selain itu, disarankan untuk tidak mengunjungi tempat-tempat publik yang ramai, Hindari menggunakan transportasi publik, 

0 Response to "6 Langkah Pencegahan Virus Corona Covid-19"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel